Aplikasi list harga barang berbasis java/j2me

     
Yah, inilah saya, seorang cucu dari kakek yang berprofesi sebagai pedagang. Juga seorang anak dari seorang pedagang. Pasti sudah bisa ditebak kegiatan sehari-hari saya itu sebagai apa? Ya, kuliah! *lhooh? Iya, kuliah pulang pergi (PP), setelah pulang ya jaga toko :). Tapi ini justru memotivasi saya, ketika saya tidak sanggup mengingat semua harga barang, saya pun mempunyai ide untuk membuat list harga di excel untuk kemudian di print (ini dulu banget, ketika masih SMP), ketika saya kuliah, ada niatan untuk membuat aplikasi komputer.
Awalnya menggunakan Visual Basic 6.0, alasan menggunakan VB karena ketika itu saya sedang belajar bahasa pemrogramman ini. Walaupun akhirnya aplikasi ini jadi (bisa di compile dan di buat installernya) tapi tidak saya pakai, ya, alasannya klasik, yaitu komputer di rumah cuma satu dan tidak mungkin untuk di pindahkan ke toko. Aneh yah saya ini, tidak membuat perencanaan yang matang dalam pembuatan sebuah program.

Kalau orang biasa bilang sih "definisi masalah, lalu analisa kebutuhan dan bla bla bla bla lainnya". Hah, saya tidak ambil pusing dengan itu, sudah lama berlalu, dan sudah "banyak" juga bahasa pemrogramman yang sudah saya pelajari (di bangku kuliah). Pernah saya membuat program sejenis menggunakan php. Tapi ada satu bahasa yang cocok yaitu "java". Sebuah bahasa yang bisa berjalan di semua Sistem Operasi seperti windows, mac, linux bahkan berjalan di handphone yang mendukung j2me. Seperti kita tahu, hampir semua handphone sudah mendukung j2me ini.

Untuk aplikasi berbasis j2me ini sudah barang tentu saya pakai, karena bisa dijalankan secara mobile. Tentu menggunakan hanphone jadul saya ^^. Oia, sekedar share, aplikasi ini bisa di unduh secara cuma-cuma, silahkan pindahkan pandangan mata anda pada sidebar sebelah kanan blog ini. Untuk para master j2me mohon jangan tertawa ya jika mencoba app ini :)

Selamat menikmati!.

Post Terkait Aplikasi list harga barang berbasis java/j2me

Popular Posts