7 fitur html5 yang wajib saya ketahui

   
HTML5, sudah lama jadi perbincangan dikalangan web "geek". Wajar saja, karena fitur yang ditawarkan oleh html5 ini memang sangat di tunggu-tunggu. Apalagi "katanya" html5 ini sanggup menandingi flash dalam hal animasi web. Saya sempat melihat juga demo game yang terbuat dari teknologi html5. Waagh, mantap pisan atuh! ^^. Walaupun  standarisasi html5 akan selesai pada 2014 (computerworld.com), tapi para programmer sudah sejak dini mempelajari dan menerapkan html5 pada aplikasi yang dibuatnya.
Begitu pun dengan saya, bukan game/animasi web yang saya pelajari, melainkan web application. Fitur yang saya terapkan pada aplikasi saya pun sebenarnya sederhana, tapi saya sangat terbantu oleh fitur html5 tersebut. Apa fitur yang saya "wajib" saya hafal itu?

input type: untuk input, html5 menambahkan beberapa tipe baru diantaranya: email, url dan number.
attribute: attribute yang saya maksud yaitu: placeholder, autofocus dan required.
form attribute: autocomplete adalah attribute form yang sering saya gunakan dan memang sangat membantu saya.
Gambar di atas memberikan informasi mengenai beberapa fitur yang di dukung oleh browser populer, dan saya rasa IE lah yang paling "sinis" ^^ maklum lah, pan produk mikocok.

Sedangkan gambar di bawah ini adalah contoh sederhana penggunaan fitur tersebut.

Untuk type number bisa di tambahkan tag "max='5'" ini artinya maksimum inputan itu sampai angka 5 saja. Atau bisa juga menambahkan "min='1'" yang berarti bahwa minimum inputan itu adalah angka 1 dan tidak bisa minus. Karena secara default browser akan menginjinkan si user menginputkan angka minus.

sekian. happy coding!

Post Terkait 7 fitur html5 yang wajib saya ketahui

No comments 7 fitur html5 yang wajib saya ketahui

Post a Comment

Popular Posts