pengenalan Easy FrameWork dan cara memasangnya

     
Apa itu framework? ketika saya mendengar/membaca kata framework, pertama kali yang ada di pikiran saya yaitu CodeIgniter (CI). Kenapa CI ? Karena waktu pertama kali mengenal framework saya sedang giat-giatnya mempelajari PHP. CI adalah salahsatu framework php yang terkenal, bahkan paling populer diantara framework sejenisnya seperti PHP Cake dkk. Pengertian framework (dari segi programnya) sendiri menurut saya yaitu suatu source code yang berisi perintah-perintah untuk memudahkan si programmer dalam menyelesaikan program yang bersifat kompleks. Berbeda dengan library yang sifatnya untuk tujuan tertentu saja, framework bersifat menyeluruh mengatur bagaimana programmer membangun sebuah aplikasi. Framework memungkinkan untuk membangun sebuah aplikasi dengan lebih cepat dan efisien. Jika php mempunyai CI atau PHP Cake, javascript mempunyai jQuery, Mootools ataupun YUI. Diantara framework javascript itu saya lebih menyukai jQuery. Karena di jQuery tersebut banyak tersedia library.


Diantara banyaknya plugin jQuery, terdapat Easy Framework. Saya sebenarnya bingung kenapa nama plugin tersebut ada embel-embel Frameworknya. Karena untuk mengaktifkan framework tersebut membutuhkan jQuery. Sedangkan jQuery adalah framworknya javascript. Tidak mau ambil pusing tentang hal itu, yang mesti saya perhatikan adalah bagaimana Easy Framework itu bekerja. Cukup mudah, ya karena framework memang dibuat untuk memudahkan para programmer handal atau programmer pemula sekalipun.

Untuk pemasangan Easy Framework sendiri terbilang sangat sangat mudah. Bagi anda yang memang baru mengenal makhluk bernama html, css, javascript.

Tahapan pemasangan terdiri dari :

1. menuliskan link langsung kelokasi 2 file css dan 2 file 3 file javascript.
2. menuliskan class dan tujuan class tersebut, berupa id dari semua salahsatu tag(bingung ya?? :) ).

Silahkan download terlebih dahulu easyframeworknya di easyframework.com/download.php




Lebih jelasnya silahkan lihat demo dari si pembuat Easy Framework sendiri disini




Post Terkait pengenalan Easy FrameWork dan cara memasangnya

No comments pengenalan Easy FrameWork dan cara memasangnya

Post a Comment

Popular Posts