create simple gallery on blogspot with EasyFramework

     
Hmm, blogger memang keren !!. Salahsatu fitur saya suka dari blogger yaitu membebaskan kita untuk mengupload template hasil download-an kita. Atau bisa juga membuat template dengan design sendiri. Blogger memberikan 2 pilihan template, yaitu classic dan new template. Classic template adalah kesukaan saya, disitu saya bisa lebih bereksperimen sebebas mungkin. Hingga ada suatu ide dimana saya ingin membuat gallery di blogger. Yeah, 2 gallery pun telah berhasil saya buat, yaitu ZahraGallery dan Gallery Bebas. Yang akan saya bahas disini bukan 2 gallery tersebut, melainkan cara membuat gallery sederhana dengan bantuan EasyFramework buatan Alen Grakalic.Tidak lupa menambahkan sedikit css agar gallery tersebut tidak terlalu kaku. Langsung saja simak pembahasan dibawah kawan !!:


1. Silahkan download EasyFramework di easyframework.com/download.php.
2. Extract 2 file .js hasil download-an tadi. Kemudian upload ke google code. Silahkan daftar google code dihalaman ini dengan menggunakan akun google/gmail anda. Baca tutorial sederhana saya sebelumnya..
3. Buat blog baru, lalu pilh template classic. Kemudian pergi ke EditHtml. Copy code html dibawah ini,

lalu paste di Halaman EditHtml template blogger anda tadi.

Penjelasan (berdasarkan warna):

  • biru: lokasi file .js yang telah anda upload ke google code.
  • ungu: id target gambar
  • hijau: keterangan gambar per file
  • kuning: lokasi gambar kecil yang akan dimunculkan dihalaman depan.
  • ungu yang kedua: id / target yang akan di eksekusi
  • merah: tujuan gambar besar yang akan muncul/popup setelah gambar kecil diklik
Anda bisa menambahkan banyak gambar sesuka hati. Selamat ber eksperimen ^^


Post Terkait create simple gallery on blogspot with EasyFramework

No comments create simple gallery on blogspot with EasyFramework

Post a Comment

Popular Posts