twlike, aplikasi web yang mirip twitter

       
Panada framework baru saja merilis versi 1 alfa-nya. Seperti software pada umumnya, versi alfa pada Panada ini masih banyak bug sana-sini, sudah barang tentu pula menjadi pekerjaan rumah bagi tim pengembang Panada. Hal yang lumrah memang, mengingat Panada sendiri baru berumur sekitar 2 tahun dari rilis pertama framework tersebut (koreksi jika salah). Sebuah umur yang sangat muda, terlebih untuk software yang berlisensi BSD (BSD-License). Apalagi tim pengembangnya sendiri masih lumayan sedikit.

Tapi bukan itu yang menjadi pembahasan utama dari postingan ini. Twlike, ya itulah topik yang saya bahas. Twlike adalah aplikasi web yang di buat oleh Panada, Twlike sendiri merupakan aplikasi yang sangat mirip T
witter. Template yang di gunakan Twlike adalah Bootstrap, template yang *mungkin* dirancang oleh Twitter. Karena kesemua fitur yang ada di Bootstrap tersebut sangat mirip dengan Twitter versi Web.

Bootstrap sendiri bukan sekedar template html-css biasa. Di Boostrap tersebut telah di bundel dengan library jQuery dan banyak plugin seperti: Modals, Tooltips, Buttons dan lainnya. Mungkin karena alasan inilah tim Panada memilih template "powerfull" ini. Karena Twlike di rilis hampir berbarengan dengan rilisnya Panada versi 1 alfa, maka sudah barang tentu versi 1 alfa inilah yang menjadi back-end Twlike tersebut.

Lalu bagaimana tampilan dari Twlike sendiri? silahkan kunjungi demo-nya di http://twlike.phpfogapp.com/. Terlihat sangat elegan bukan? Lalu bagaimana menginstall Twlike tersebut di localhost?

Sebelum memulai instalasi Twlike, silahkan simak beberapa fakta yang layak di ketahui:
  • Semenjak versi 1.0.0 alfa, Panada benar-benar mewajibkan kita untuk menggunakan Php versi 5.3.0 dan versi di atasnya. (Untuk pengguna xampp versi 1.7.0 seperti saya, jangan harap bisa menjalankan Twlike ini sebelum Anda upgrade Php Anda!)
  • Penulisan kode untuk versi 1.0.0 alfa ini benar-benar beda dengan versi di bawahnya, seperti versi 0.3.0. Pada versi inilah saya pertama kali menggunakan Panada. Sangat sangat sangat beda!
Untuk instalasi sendiri saya sarankan googling, di google sudah ada 1 blog yang membahas itu :)

Happy Ngoprek!

Post Terkait twlike, aplikasi web yang mirip twitter

No comments twlike, aplikasi web yang mirip twitter

Post a Comment

Popular Posts