class php yang wajib saya pakai dalam aplikasi

     
Jika berbicara tentang membuat web, baik itu web aplikasi ataupun sekedar web profile. Sudah barang tentu harus di persiapkan sebuah template, library database ataupun class php rakitan sendiri. Nah, selama pengalaman saya membuat program, tentu sudah banyak class yang saya gunakan. Beberapa "method" sengaja saya kumpulkan dalam satu "class" (bagi yang belum tahu class dan method, silahkan cari di id.wikipedia.org). Class php tersebut saya beri nama "ox", file-nya bernama ox.class.php. Di dalam class tersebut saya buat method seperlunya atau bisa disebut juga method yang umum. Di antaranya adalah: muatJs, muatCss, muatImg, toRupiah, toInteger dan lain sebagainya. Sederhana memang, tapi yah itu memang niatan saya. Sengaja saya buat seperti itu karena saya memang ingin membuat class yang bisa dipakai seperlunya, tidak berlebihan, yang nantinya akan mubajir karena tidak terpakai.

Bagaimana cara menggunakan "ox class" tersebut? Mudah saja, silahkan ikuti langkah berikut.

pertama:
silahkan include class tersebut pada file php yang anda kehendaki, dengan mengetikkan code:
include "ox.class.php";

kedua:
setelah menuliskan kode di atas, selanjutnya menginisilisasi ox class tersebut, dengan mengetikkan code:
$ox = new ox;

ketiga:
sampai pada tahap dua di atas, Anda sudah bisa menggunakan ox class tersebut. saya ambil contoh code untuk  memuat file javascript.
echo $ox->muatJs('js', 'jquery');


penjelasan:
js =  nama folder yang berisi file jquery
jquery = nama file javascript yang akan dimuat. di sini tidak perlu mengetikkan extensi .js

selamat menikmati. happy coding!

Download Ox Class

Post Terkait class php yang wajib saya pakai dalam aplikasi

No comments class php yang wajib saya pakai dalam aplikasi

Post a Comment

Popular Posts